Mutiara Ilmu

Ajari aku banyak hal

TIPS DAPUR

  1. Kembang kol akan tetap putih jika ditambahkan perasan air jeruk lemon ke dalam air ketika direbus. Dan untuk brokoli, akan terlihat hijau jika Anda merendamnya sebentar dalam air dingin sebelum direbus.
  2. Agar kacang kedelai dan beras ketan bebas dari kutu saat disimpan lama, caranya cukup mudah. Anda tambahkan 1 atau 2 buah cabai merah kering dalam wadah penyimpannya, lalu tutup rapat
  3. Kadang dalam resep masakan terdapat bahan-bahan beralkoholyang berfungsi mem beri kan aromatertentu pada masakan. Bagi umat muslim yang dilarang mengonsumsi alkohol, bahan-bahan tersebut dapat diganti dalam bahan lain dalam jumlah yang sama.
  1. – White wine – White grape juice

– Red wine – Cranberry juice, blackberry juice, atau red grape juice

– Bourbon – Vanilla

– Grand marnier – Orange juice

– Sherry Vanilla (untuk kue), orange juice atau pineapple juice (untuk masakan)

– Sweet sherry – Orange juice atau apple juice ditambah sedikit vanilla

– Rhum dan brandy – Vanilla atau orange juice ditambah sedikit madu

– Kahlua – Larutan pekat kopi instan

  1. Pilih loyang kue yang kokoh dan terbuat dari bahan food grade (untuk makanan), biasanya ada yang terbuat dari aluminium ataupun teflon. Untuk membuat kue kering, pilih loyang tipis dengan tinggi 3-4 cm karena jika menggunakan loyang tinggi kue akan mudah gosong atau tidak matang bagian dalamnya. Pilih ukuran loyang yang sesuai dengan ukuran oven Anda
  2. Wadah dan peralatan untuk mengocok harus bersih dan kering, bebas dari minyak, air dan residu lain. Jika kondisi kurang bersih, adonan akan sulit naik. Sedikit saja kuning telur yang masih tercampur dapat membuat putih telur sulit kaku. Penambahan cream of tar-tar dapat membantu kestabilan putih telur. Kocok putih telur sampai mulai berbusa dan naik, lalu masukkan gula. Hentikan pengocokan jika adonan telah terlihat mengkilat dan lembut. Jika mikser diangkat (setelah mikser dimatikan), adonan yang baik akan ikut terangkat, tetapi terjatuh kembali.
  3. jika Anda mencairkan mentega/margarin untuk kue, hindari memanaskannya sampai mendidih karena akan mengurangi kadar air di dalamnya. Matikan api sebelum seluruh mentega/margarin mencair. Tunggu sampai hangat sebelum mencampurnya ke dalam bahan kue.
  4. Untuk membuat roti kering asin sebagai camilan gurih atau teman makan sup, gunakan roti sisa yang hampir mencapai tanggal kadaluarsanya. Aduk mentega dengan sedikit keju dan merica bubuk lalu oleskan pada permukaan roti. Potong-potong lalu panggang hingga kering.
  5. Siapapun pasti akan jengkel apabila persediaan gula di rumah selalu di kerumuni semut-semut. Padahal tempat gula sudah ditutup rapat. Ada cara sederhana yang dapat Anda praktekkan, yaitu dengan cara sebagai berikut. Siapkan cawan yang diisi sedikit air. Letakkan wadah gula tersebut di atas cawan ang telah Anda isi air tadi. Atau bisa juga dengan meletakkan 3-4 butir cengkih di dalam wadah penyimpanan gula Anda. Semut akan menjauhi gula Anda.
  6. Untuk membuat kue kering buatan Anda tetap renyah, pastikan wadah atau toples yang digunakan benar-benar kedap udara. Jika memang kue dirasa sedikit basah, oven selama beberapa menit sebelum disajikan.
  7. Simpan susu bubuk di tempat yang yang sejuk dan kering. jika Anda membeli susu bubuk kemasan karton, pindahkan susu ke dalam wadah kedap udara agar tidak ada uap air dari udara yang dapat membuat susu menjadi lembap. Susu yang lembab akan mudah ditumbuhi bakteri yang berbahaya. Jangan terlalu lama menyimpan susu, maksimal 1 minggu. Jika jumlah yang dikonsumsi sedikit, belilah susu bubuk kemasan kecil
  8. Susu kental manis relatif lebih awet dari pada susu cair karena kandungan gulanya lebih tinggi. Susu kental manis yang masih tersegel dapat disimpan pada suhu ruang. Namun jika sudah terbuka, lebih baik menyimpannya dalam kulkas. Selain untuk menghindari semut, penyimpanan dalam kulkas dapat mencegah pertumbuhan jamur pada susu.
  9. Makanan kaleng yang disimpan harus dalam kondisi bersih dan masih tersegel dengan baik. Simpan makanan kaleng di tempat yang bersih, sejuk, kering, dan suhunya stabil, misalnya di rak tertutup atau lemari. jika Anda menyimpan makanan kaleng dalam jumlah banyak, kelompokkan sesuai jenis produk, urutkan produk berdasar tanggal kadaluwarsanya, produk dengan tanggal kadaluwarsa paling dekat berada paling depan. Apabila makanan kaleng telah terbuka dan tidak segera dikonsumsi, simpan dalam kulkas.
  10. Jika Anda ingin memasak pare, tetapi tidak suka rasa yang terlalu pahit maka remas-remas terlebih dahulu pare yang telah dipotong-potong dalam larutan garam selama beberapa saat. Setelah itu, cuci pare dengan air bersih, dan pare siap dimasak.
  11. Pepaya yang masak memiliki tekstur yang lembek, tetapi ada cara untuk membuat pepaya menjadi lebih kokoh saat dibuat koktail. Rendam irisan/bulatan pepaya ± 30 menit dalam air yang telah ditambahkan sedikit air rendaman kapur sirih. Air rendaman kapur sirih didapatkan dari campuran air dan kapur sirih yang dibiarkan beberapa saat sampai mengendap, lalu diambil cairan bagian atasnya.
  12. Wortel termasuk sayuran yang keras sehingga membutuhkan ekstra tenaga untuk memotongnya. Hindari merendam wortel sebelum dipotong agar wortel tidak bertambah keras.
  13. Lebih baik segera memasak sayuran setelah dibeli. Potong-potong sayuran hanya ketika akan dimasak. jika Anda merebus sayuran, masukkan sayuran ketika air telah mendidih. Masak sayuran dengan api besar dan tidak terlalu lama. Gunakan air rebusan sayuran yang tidak terpakai untuk masakan lainnya, misalnya kuah sup dan lain-lain
  14. Jika jeruk lemon atau jeruk nipis terlalu keras untuk diperas, rendam jeruk dalam air hangat selama 5-10 menit. Untuk mendapatkan air perasan jeruk yang cukup banyak, rendam jeruk sebelum diperas di dalam air panas selama 15 menit.
  15. Untuk mendapatkan kentang goreng yang renyah, taburkan sedikit tepung pada kentang yang telah ditiriskan. Lalu goreng kentang sampai berwarna keemasan
  16. Seringkali talas menyebabkan gatal ketika kita memakannya. Agar hal tersebut tidak terjadi, cuci talas sebelum dikupas. Apabila talas dicuci setelah dikupas,maka lendir akan keluar dan menimbulkan gatal.
  17. Tambahkan beberapa tetes perasan jeruk lemon ke dalam air yang digunakan untuk merebus beras (sebelum ditanak). Jika memasak nasi menggunakan rice cooker maka perasan jeruk lemon dapat ditambahkan ketika akan memulai memasak.
  18. Untuk memperoleh nasi pulen dan lembut, tambahkan 2 sdm beras ketan putih pada tiap 1 kg beras. Campur dan cuci kedua jenis beras lalu olah seperti biasa
  19. Seringkali saat hari raya tiba, lontong/ketupat tersedia berlebih di rumah kita. Agar tidak basi, simpan lontong/ketupat di dalam kulkas. jika akan dikonsumsi kembali, keluarkan dari kulkas, biarkan beberapa saat sampai dinginnya berkurang, lalu rebus dalam air mendidih selama 30 menit dan tiriskan.
  20. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang telah dicuci, lalu masukkan beras pada pembungkus lontong/ ketupat. Selain membuat kenyal, air kapur sirih juga dapat membuat lontong lebih tahan lama. Untuk menambah rasa gurih pada lontong, tambahkan sedikit garam pada beras.
  21. Singkong goreng yang dijual para pedagang tampak merekah dan mengundang selera. Anda juga dapat membuatnya di rumah. Singkong digoreng 1/2 matang, kemudian diangkat dan langsung dimasukkan ke dalam campuran air garam dan bawang putih. Biarkan beberapa saat sampai agak meresap, lalu goreng lagi.
  22. Simpan roti di tempat yang kering dan sejuk (misalnya di dalam kulkas). Roti dari dalam kulkas dapat dipanaskan dalam microwave atau dipanggang terlebih dahulu sebelum di makan. Cara yang lain adalah dengan mengeluarkan roti dari kemasan setelah dibeli, kemudian dianginkan.
  23. Beras seringkali menjadi tempat singgah kutu dan beberapa jenis serangga lainnya. Untuk itu, letakkan beberapa lembar daun mint pada beras agar kutu dan serangga lainnya menjauhi beras yang Anda simpan.
  24. Jika roti sisa di rumah cukup banyak, sedangkan tanggal kadaluarsanya sudah dekat, roti sisa tersebut dapat diolah menjadi tepung roti. Caranya, roti dipanggang sampai kering, lalu didinginkan. Setelah dingin, roti kering dihaluskan sampai berbentuk tepung.
  25. Pilih tepung terigu berprotein tinggi. Untuk mempertinggi protein, dapat ditambah tepung ketan. Perbandingannya adalah 6 g tepung ketan untuk 100 g tepung terigu. jangan menggunakan air terlalu panas saat melarutkan ragi pengembang. Simpan ragi pada freezer ketika membeli atau jika terdapat sisa ragi setelah membuat roti. Sapukan putih telur pada permukaan roti sebelum dipanggang agar warna kulit cokelat berkilat. Oles butter pada saat roti baru keluar dari oven untuk mendapatkan roti yang enak dan lembut.
  26. Peralatan dapur yang terbuat dari besi, (misalnya loyang pancake) sering lengket jika digunakan untuk memasak. Untuk menghindari hal tersebut, gosokkan sedikit garam pada peralatan sebelum digunakan
  27. Masukkan air pada penggorengan sampai setinggi ± 1 cm, lalu tambahkan 1/2 cangkir cuka. Panaskan selama 10 menit, kemudian cuci seperti biasa. Bau minyak yang biasanya tertinggal akan hilang.
  28. Cara mudah untuk membersihkan parutan setelah digunakan untuk memarut keju adalah dengan memarut kentang yang masih mentah. Sisa-sisa keju akan dengan mudah terangkat. Selamat mencoba!
  29. Untuk membersihkan blender, masukkan beberapa tetes sabun cuci cair ke dalam blender, tambahkan air hangat sampai setengahnya, tutup blender lalu nyalakan. Setelah dimatikan, cuci blender hingga bersih, lakukan pengulangan jika perlu. Metode ini dapat diterapkan untuk jenis food processor.
  30. Pilih ikan segar yang memiliki ciri-ciri dagingnya kenyal, bila ditekan kembali ke bentuk semula, dan matanya jernih. Insang berwarna merah terang, sisiknya tidak mudah lepas dan ikan tidak berlendir. jika tersedia, minta penjual ikan memasukkan kantung es batu dalam kantung ikan Anda. Cara ini dimaksudkan supaya ikan tetap segar sesampai di rumah.
  31. Untuk menghasilkan daging ikan yang empuk, hindari memasak daging ikan terlalu lama dengan suhu yang tinggi karena akan menjadi keras dan kenyal. Pilih ikan segar masakan ikan yang istimewa.
  32. Jika Anda ingin menguliti ikan yang kulitnya agak tebal, potong badan ikan secara horizontal hingga melintasi bagian ekornya. Setelah itu, tarik kulit ikan dengan satu tangan dan tekan dengan gerakan seperti menggergaji. Terakhir, gunakan pisau untuk memotong bagian tersulit di antara daging dan kulit.
  33. Jika Anda tidak terampil membersihkan ikan, minta penjualnya membersihkan ikan yang Anda beli. Apabila Anda harus membersihkan ikan sendiri, hati-hati saat membuang isi perutnya. Usahakan mengeluarkan empedu secara utuh. Empedu yang pecah biasanya menyebar kemana-mana hingga rasa ikannya bukan saja amis, tetapi juga pahit. Setelahnya, cuci sampai bersih
  34. Kesulitan utama dalam membersihkan sisik ikan adalah memegang permukaan ikan yang licin. Agar lebih mudah, lumuri kedua tangan dengan garam sehingga permukaan ikan tidak terlalu licin ketika dipegang.
  35. Saat mencincang bawang putih, geprek terlebih dahulu, lalu bubuhi sedikit garam. Hal ini dimaksudkan agar bawang putih bisa tercincang halus dan sarinya tetap awet.
  36. Biasanya garam ditambahkan ke dalam sayuran berkuah sesaat sebelum sayur matang. Praktik ini seharusnya ditinggalkan. Tambahkan garam sebelum merebus sayuran karena ada beberapa jenis sayuran yang hanya dapat matang dengan baik bila ditambahkan garam dalam proses memasaknya.
  37. Agar bawang goreng lebih renyah dan gurih, rendam irisan bawang dalam air yang telah dicampur garam selama beberapa menit. Setelah itu, goreng sampai berwarna kekuningan. Gunakan api kecil ketika menggoreng bawang karena bawang mudah gosong. Setelah diangkat, segera tiriskan, dan simpan dalam wadah kedap udara.
  38. Jika membeli bumbu segar seperti jahe, bawang, kencur, atau serai, pilihlah yang masih segar, utuh, dan tidak berbercak putih. Bercak putih menandakan bumbu sudah tidak segar dan berjamur. Bila tetap dipakai, bumbu tersebut akan membuat masakan berbau apak.
  39. Untuk membuat orak-arik telur (scramble eggs) yang gurih dan lembut, tambahkan 2 sdm susu cair atau 1 sdm krim untuk tiap 4 butir telur. Gunakan mentega untuk menggoreng agar aroma dan rasanya lebih gurih.

Filed under: Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

Flickr Photos

Xmas-time

Waiting in light

Arbres et brouillard

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: