Mutiara Ilmu

Ajari aku banyak hal

Agar Belajar ‘Tak Membosankan

Penulis: Aboe Zaid POSO

Sudah menjadi tabi’at dari seorang insan adalah tidak menyukai sesuatu yang diulang-ulang. Setiap menusia menyukai perubahan. Begitupula ketika sedang membaca atau belajar, baik pelajaran yang berkaitan dengan materi Diniyah (agama) maupun tentang duniawiyah (misalnya pelajaran kuliah). Kita ambil contoh, seseorang yang mengkhususkan waktunya enam jam untuk mempelajari ilmu Dien, dan dia ingin menghabiskannya untuk satu macam ilmu Dien, maka belum sampai satu atau dua jam dia akan bosan membaca. Dia akan merasakan kelelahan, bahkan kebosanan ini mungkin berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

 

Akan tetapi, jika ia membagi waktunya yang enam jam tersebut untuk enam macam disiplin ilmu yang berbeda dengan mengalokasikan waktunya tiap jam untuk satu macam disiplin ilmu, maka insya Allah rasa bosan itu akan lenyap, bahkan ia akan merasakan bahwa waktunya terasa kurang. Misalnya, ia mengalokasikan enam jam tersebut masing-masing satu jam untuk pelajaran aqidah/ tauhid, satu jam untuk tafsir, satu jam untuk fiqih, satu jam untuk hadits, satu jam untuk bahasa Arab, dan satu jam untuk materi taszkiyatun nafs. Maka, ketika ia bosan membaca maupun menghafal satu disiplin ilmu, maka ia akan berpindah ke ilmu yang lain. Tanpa terasa, ia telah memanfaatkan waktunya untuk sesuatu yang sangat bermanfaat, bahkan ia berkeinginan untuk menambahkan alokasi waktunya dalam belajar, tanpa merasa bosan dan letih.

Melakukan variasi ilmu dalam membaca atau belajar memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Membuka wawasan bagi penuntut ilmu, karena ia memabaca berbagai macam ilmu syar’i. Sebab, ilmu syar’i merupakan suatu mutiara yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
  2. Membuat seseorang tidak merasa bahwa waktunya cepat habis ketika membaca. Bahkan ketika waktunya untuk satu ilmu tertentu sudah habis, maka dia berharap masih belum habis karena ia bersemangat dalm menuntut ilmu.
  3. Variasi tersebut dapat menyenangkan hati dan memperbaharui semangat dalam belajar.

 

Masalah yang sering muncul ketika seseorang telah melakukan ketiga variasi di atas, padahal dia termasuk orang yang semangat tinggi dalam belajar adalah dia tidak mendapatkan satu manfaatpun ketika membaca atau belajar. Dia merasa tidak mengingat sedikitpun dari apa yang dibaca sebelumnya. Sebenarnya, penyebab dari permasalahan ini adalah dia tidak mengikuti metode yang benar dalam membaca dan memahami isi buku. Solusi dari permasalahan tersebut antara lain:

  1. Usahakan di tengah-tengah membaca untuk menaruh tanda atau memberi warna pada kalimat penting yang didapati ketika membaca.
  2. Ketika membaca beberapa bab, usahakan bias menemukan pokok pikiran yang ada dalam bab-bab tersebut. Tulislah pokok pikiran tersebut di footnote atau di sisi kanan/ kiri halaman buku.
  3. Setiap bab atau pasal yang panjang memiliki beberapa paragraph, maka usahakan menemukan ide utama di setiap paragraph, dan tulislah di footnote.
  4. Setelah selesai membaca satu bab, tulislah ringkasan yang memuat pikiran utama atau penjelasan lainnya yang dianggap penting.
  5. Simpanlah ringkasan-ringkasan tersebut di dalam satu file khusus atau lampirkan di bagian akhir buku, karenaringkasan inni sama dengan ringkasan dari buku tersebut.

Masalah lain yang sering muncul ketika membaca adalah tentang posisi duduk yang tidak benar dan dapat berpengaruh buruk terhadap semangat membaca/ belajar juga kesehatan kita. Masalah ini dapat diatasi dengan mengikuti metode yang benar ketika duduk membaca, seperti yang akan disebutkan di bawah ini:

  1. Usahakan di tempat membaca memiliki suhu udara yang baik, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin.
  2. Cahaya lampu yang baik/ sesuai, yaitu tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang hingga menyilaukan mata.
  3. Di saat membaca usahakan jarak antara buku dan mata Anda tidak terlalu dekat atau terlalu jauh, misalnya sekitar 30 cm.
  4. Apabila di tengah-tengah membaca anda merasakan lemah pandanagan, keluar air mata, terasa sakiy mata, atau pusing di kepala, maka segeralah periksa ke dokter, barangkali Anda membutuhkan bantuan kaca mata.
  5. Usahakan selama membaca agar punggung Anda selalu luruas, tidak membungkuk, atau sedikit membungkuk. Jika terlalu membungkuk akan melelahkan mata Anda.

 

Selain membagi waktu dan melakukan variasi dalam membaca seperti yang telah disebutkan di atas, kitapun perlu melakukan variasi dalam metode belajar. Sebenarnya banyak sekali metode dalam belajar yang dapat kita gunakan, agar semangat kita tidak kendor di tengah jalan. Di antaranya yang terpenting adalah:

  1. Menghadiri kajian ilmiah yang umum atau khusus, dengan mendengar langsung penjelasan ilmu syar’i dari seorang guru atau ustadz.
  2. Membaca kararagan para ulama, seperti kitab, artikel, maupun karya mereka yang lain.
  3. Mendengarkan kaset, MP3, maupun VCD ceramah agama, kemudian kita menulis poin-poin penting dari ceramah tersebut.
  4. Menghafalkan ilmu dan mengulanginya terus-menerus agar tidak lupa.
  5. Menghubungi seorang yang alim (misalnya ustadz) untuk menanyakan kesulita yang kita hadapi dalam mempelajari suatu disiplin ilmu syar’i.
  6. Berdiskusi dan berdialog dengan teman tentanga suatu tema atau masalah yang kita pelajari
  7. Melakukan muraja’ah terhadap ilmu yang telah kita pelajari dan dihafal sebelumnya.

Demikian tadi beberapa tips agar semangat belajar ilmu syar’i terus berlangsung. Selamat mencoba, semoga Allah memudahkan usaha kita dalam menuntut ilmu. Wallahu a’lam.

 

http://salafiyunpad.wordpress.com/2007/09/17/agar-belajar-tak-membosankan/#more-16

Filed under: Sunni

2 Responses

  1. Idi suwardi mengatakan:

    Postingan-postingan seperti inilah yang paling bermanfaaf buat pengunjung dan saya khususnya

  2. Idi suwardi mengatakan:

    artikelnya bagus saya isi komentar lagi gapakan? biar ngeramein :)) visss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

Flickr Photos

Xmas-time

Waiting in light

Arbres et brouillard

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: